Halaman

Jumat, 05 Desember 2008

Biokimia

Biokimia merupakan salah satu cabang daripada bidang biologi, iaitu kajian mengenai kehidupan benda hidup yaitu mengenai hewan dan tumbuhan.

Biokimia merujuk kepada pengkajian mengenai bahan kimia yang dihasilkan oleh benda hidup, kesannya, kegunaannya, dan cara memanfaatkan bahan aktif tersebut bagi meningkatkan taraf hidup manusia.

Semua spesies mempunyai campuran dari sifat-sifat nenek moyangnya. Jenis dan jumlah sifat yang sama merupakan petunjuk jauh dekatnya hubungan kekerabatan. Hal semacam ini juga terjadi pada pewarisan sifat biokimia. Perlu diingat kembali bahwa DNA pada tiap spesies mengandung intruksi untuk sintesis RNA dan protein yang penting untuk menghasilkan individu baru. perbandingan DNA, RNA, atau protein pada spesies yang berbeda merupakan cara lain untuk mengevaluasi hubungan evolusi di antara spesies.

Perbandingan asam nukleat. Biasanya perubahan struktural protein diakibatkan oleh mutasi gen, yaitu perubahan urutan nukleotida DNA dan RNA. Beberapa perubahan yang unik pada urutan nukleotida dapat terakumulasi pada tiap-tipa garis keturunan. Urutan jauh dekatnya hubungan kekerabatan antarspesies dapat diketahui dengan membandingkan urutan nukleotida (DNA dan RNA) maupun protein antara kedua spesies yang ingin diketahui hubungan kekerabatannya. semakin mirip urutan-urutannya, semakin dekat pula kekerabatan di antaranya.

Biokimia adalah kimia mahluk hidup. Biokimiawan mempelajari molekul dan reaksi kimia terkatalisis oleh enzim yang berlangsung dalam semua organisme.

Biokimia merupakan ilmu yang mempelajari struktur dan fungsi komponen selular, seperti protein, karbohidrat, lipid, asam nukleat, dan biomolekul lainnya. Saat ini biokimia lebih terfokus secara khusus pada kimia reaksi termediasi enzim dan sifat-sifat protein. Saat ini, biokimia metabolisme sel telah banyak dipelajari. Bidang lain dalam biokimia di antaranya sandi genetik (DNA, RNA), sintesis protein, angkutan membran sel, dan transduksi sinyal.

Tidak ada komentar: